Kerjasama Dengan SMPN 1 Tebing Tinggi Terapkan Aplikasi Lomba.ID

MEDAN (Waspada): Pandemi Covid-19 menuntut guru dan siswa lebih kreatif dalam melakukan proses belajar mengajar. Terutama untuk tetap menjaga semangat kompetitif siswa, maka dibutuhkan aplikasi perlombaan antar siswa secara daring.

LPPM USU menggelar pelatihan lomba-lomba edukasi, “Olimpiade Covid-19”, untuk guru di SMPN 1 Tebing Tinggi, Sabtu (4/9).

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat USU yang juga ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Sumut, Destanul Aulia mengatakan, kegiatan ini merupakan satu bentuk tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Selama ini ada fenomena kalau di masa pandemi Covid ini mengakibatkan kurangnya semangat kompetitif, sehingga kita berupaya untuk mendorong kembali semangat kompetitif di kalangan pelajar,” ujar Destanul.

Untuk itulah, lanjut Destanul, pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer untuk mendesain software sistem lomba-lomba edukasi.

“Sekarang mobilisasi kita kan dibatasi, tidak boleh berkerumun, sementara kalau kita menggelar lomba selalu berkerumun, kalau dengan aplikasi ini kita bisa membuat lomba secara online, bisa menggelar lomba pantun, mengarang, foto dan lainnya,” terang Destanul.

Dalam aplikasi ini juga guru dapat membuat semua mekanisme lomba secara online, mulai dari pendaftaran, membagi soal hingga memberi nilai dan mengumumkan pemenang. Semua dapat dilakukan secara online.

“Melalui sistem ini dapat dilakukan lomba, tryout untuk siswa. Ini upaya kita untuk meningkatkan pengetahuan, karena kalo pengetahuan meningkat, maka sikap kita juga meningkat. Jadi di sini kita learning by doing, bisa kita lihat dari perspektif sejarah, biologi, ekonomi dan semua bisa kita lakukan dari semua keilmuan,” jelasnya, sembari berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan dimasukkan dalam sistem pembelajaran SMPN 1 Tebing Tinggi.

Sambut Baik

Kepala Sekolah SMPN 1 Tebing Tinggi, Doanta Surbakti menyambut baik kegiatan ini. Dia mengharapkan pelatihan ini ke depannya dapat difollow up oleh guru dan ke depan mengembangkannya di sekolah.

“Saya harap ini bisa di-follow up. Nanti kita bisa membuat lomba untuk siswa di Tebing Tinggi atau Sumut,” katanya.

Doanta juga mengharapkan seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengikutinya dengan baik. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak USU dan mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita bersama,” ujar Doanta.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini, Alumni mahasiswa Ilmu Komputer USU, Jabbar Ali Panggabean dan Awi Nanda Wijaksana.

Sementara itu, para guru tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. (cbud)

Teks foto:

Para guru di Tebing Tinggi tampak mengikuti aplikasi Lomba Edukasi Covid-19. Waspada/ist

Recent Posts

0 Comments

No Comment.